Posted by: marpudin,S.Pd.,MMPd. | October 8, 2010

MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING (CL)

MODEL PEMBELAJARAN : COOPERATIVE  LEARNING

Berikut ini diberikan beberapa hasil penelitian yang menunjukkan manfaat pembelajaran kooperatif (cooperatif learning) bagi siswa dengan hasil belajar yang rendah ( Linda Lundgren 1994: Nur,dkk 1997)

1. Meningkatkan pencurahan waktu pada tugas
2. Rasa harga diri menjadi lebih tinggi
3. Memperbaiki sikap terhadap IPA dan sekolah
4. Memperbaiki kehadiran
5. Angka putus sekolah menjadi rendah
6. Penerimaan terhadap perbedaan individu menjadi lebih besar
7. Perilaku mengganggu lebih kecil
8. Konflik antar pribadi berkurang
9. Sikap apatis berkurang
10.Pemahaman yang lebih mendalam
11.Motivasi lebih besar
12.Hasil belajar lebih tinggi
13.Retensi lebih lama
14.Meningkatkan kebaikan budi, kepekaan dan toleransi.\

TAHAP PEMBELAJARAN CTL

Konsep pembelajaran anak didik dalam pelajaran Bahasa Inggris harus berisfat alami (contextual) bagaimana seorang anak belajar dari konteks kehidupan sehari-hari. Tingkat dan cara belajar peserta didik sangat beragam, maka peranan guru harus betul-betul menerapkan metode pembelajaran yang mengarah kepada bagaimana mereka belajar dari lingkungan. Pembelajaran Bahasa Inggris bukan pembelajaran yang berdiri sendiri, melainkan harus merupakan rangkaian pembelajaran yang saling bertautan. Artinya pemahaman pelajaran siswa sebelumnya harus merupakan modal dasar untk materi pelajaran berikutnya. Bertitik tolak dari konsep tersebut, maka teori pembelajaran Bahasa Inggris harus mengikuti langkah-langkah ,sebb:

  1. ACTIVATING KNOWLEDGE ( mengaitkan pelajaran yang sudah dimiliki siswa)
  2. ACQUARING KNOWLEDGE ( memperoleh pengalaman/pelajaran baru )
  3. ANALYZING KNOWLEDGE ( menganalisa pengalaman baru )
  4. APPLYING KNOWLEDGE ( menerapkan pengalaman baru dalam kehidupan nyata )

Untuk merealisasikan tahapan bagaiamana seorang peserta didik belajar sesuai urutan belajar di atas, maka guru Bahasa Inggris disarankan menggunakan pendekatan pembelajaran CTL ( Contextualization Teaching and Learning ).

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: